Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (Bervisi Hight Order Thinking Skill- HOTS)


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(Bervisi Hight Order Thinking Skill- HOTS)

A.  Kompetensi Dasar
Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
B.  Materi
Pencemaran Lingkungan
C.  Tujuan
             Menjelaskan cara pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan
D.  Kegiatan

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Indonesia berada di peringkat kedua dengan jumlah sampah plastik sekitar 850 ribu ton. Penyu dapat salah mengira kantong plastik sebagai ubur-ubur dan memakannya, menyumbat perutnya, kemudian menyebabkan mereka mati kelaparan. Burung laut salah menganggap plastik sebagai makanan yang mengambang, lebih dari 90 persen fulmar (burung sejenis camar dari Pasifik dan Atlantik Utara) yang ditemukan tewas di sekitar Laut Utara terdapat plastik dalam perutnya. Selanjutnya dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan manusia yang mengkonsumsi ikan yang telah memakan plastik atau yang hidup di perairan yang terkontaminasi plastik. Plastik sulit dihancurkan oleh alam, tidak terurai di laut, hanya hancur menjadi fragmen atau potongan-potongan kecil atau sangat kecil akibat pelapukan dan paparan sinar ultraviolet. Rata-rata kantong plastik hanya digunakan selama 20 menit, tapi butuh waktu hingga 1.000 tahun untuk degradasinya di alam.
(Sumber: Kompasiana; 28 Oktober 2015)

1.    Tuliskan rumusan permasalah dari bacaan pencemaran lingkungan tersebut?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


2.    Tuliskan data atau keterangan yang bisa digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.    Tuliskan hipotesis atau jawaban sementara terhadap permasalahan yang ada sesuai data yang diperoleh?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.    Tuliskan contoh penanggulangan pencemaran lingkungan dengan prinsip 3R (Reuse, Recycle, Reduce) ?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5.    Buatlah kesimpulan dari hasil pemecahan masalah tersebut?
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Post a Comment for "LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (Bervisi Hight Order Thinking Skill- HOTS)"