LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (Bervisi Hight Order Thinking Skill- HOTS)
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(Bervisi Hight Order Thinking Skill- HOTS)
A.
Kompetensi Dasar
Menganalisis terjadinya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
B. Materi
Pencemaran Lingkungan
C.
Tujuan
Menjelaskan cara pencegahan dan penanggulangan
pencemaran lingkungan
D. Kegiatan
PENCEMARAN LINGKUNGAN
Indonesia berada di peringkat kedua dengan jumlah sampah
plastik sekitar 850 ribu ton. Penyu dapat salah mengira kantong plastik sebagai ubur-ubur dan
memakannya, menyumbat perutnya, kemudian menyebabkan mereka mati kelaparan.
Burung laut salah menganggap plastik sebagai makanan yang mengambang, lebih
dari 90 persen fulmar (burung sejenis camar dari
Pasifik dan Atlantik Utara) yang ditemukan tewas di sekitar Laut Utara terdapat
plastik dalam perutnya. Selanjutnya dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan
manusia yang mengkonsumsi ikan yang telah memakan plastik atau yang hidup di
perairan yang terkontaminasi plastik. Plastik sulit dihancurkan oleh
alam, tidak terurai di laut, hanya hancur menjadi fragmen atau
potongan-potongan kecil atau sangat kecil akibat pelapukan dan paparan sinar
ultraviolet. Rata-rata kantong plastik hanya digunakan selama 20 menit, tapi
butuh waktu hingga 1.000 tahun untuk degradasinya di alam.
(Sumber:
Kompasiana; 28 Oktober 2015)
1.
Tuliskan rumusan permasalah dari bacaan pencemaran lingkungan
tersebut?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Tuliskan data atau keterangan yang bisa digunakan untuk menjawab
permasalahan yang ada?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Tuliskan hipotesis atau jawaban sementara terhadap permasalahan
yang ada sesuai data yang diperoleh?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Tuliskan contoh penanggulangan pencemaran lingkungan dengan prinsip
3R (Reuse, Recycle, Reduce) ?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Buatlah kesimpulan dari hasil pemecahan masalah tersebut?
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Post a Comment for "LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (Bervisi Hight Order Thinking Skill- HOTS)"