Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL (HOTS) BIOTEKNOLOGI - BIOLOGI SMA


  SOAL (HOTS) BIOTEKNOLOGI - BIOLOGI SMA

Analisis dan evaluasi
  • Topik  : Bioteknologi Konvensional
  • Indikator: Disajikan sebuah data resep pembuatan macam produk bioteknologi, peserta didik dapat menentukan reaksi kimia yang terjadi dan penyebab dan faktor penyebab kegagalan produk 
  • Kata kerja ranah kognitif: Menganalisis dan mengevaluasi

Bacalah dengan teliti !
Tape Singkong

Tape adalah  produk yang dihasilkan dari proses fermentasi dimana terjadi suatu perombakan bahan - bahan yang tidak sederhana. Zat pati yang ada dalam singkong diubah menjadi bentuk yang sederhana yaitu gula dengan bantuan suatu organisme yang disebut ragi atau khamir. Jenis ragi yang digunakan yaitu Saccharomyces cereviceae. Reaksi dalam fermentasi berbeda-beda tergantung pada jenis gula yang digunakan dan produk yang dihasilkan. Secara singkat, glukosa yang merupakan gula paling sederhana , melalui fermentasi akan menghasilkan etanol, karbon dioksida dan energi (ATP). Reaksi fermentasi ini dilakukan oleh ragi, dan digunakan pada produksi makanan. Pertumbuhan mikroorganisme selama proses fermentasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: konsentrasi garam, suhu dan oksigen.
Berdasarkan percobaan tersebut jawablah pertanyaan sebagai berikut:
a.       Apa fungsi ragi dalam pembuatan tape singkong?
b.      Jelaskan secara singkat reaksi dalam fermentasi singkong menjadi tape!
c.       Tuliskan persamaan reaksi kimiadari proses fermentasi tape singkong?
d.      Mengapa dalam proses pembuatan tape dipengaruhi olehs uhu?
e.       Apa yang menyebabkan kegagalan dalam pembuatan tape singkong?

 Jawab:
a.       Ragi dalam pembuatan tape singkong berfungsi untuk mengubah karbohidrat (pati) menjadi gula sederhana (glukosa) yang selanjutnya diubah lagi menjadi alkohol
b.      Dalam pembuatan tape, ragi (Saccharomyces cereviceae) mengeluarkan enzim yang dapat memecah karbohidrat pada singkong menjadi gula yang lebih sederhana. Oleh karena itu, tape terasa manis apabila sudah matang walaupun tanpa diberi gula sebelumnya.
c.       Persamaan Reaksi Kimia:
C6H12O6 à 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP
Penjabarannya:
Gula (glukosa, fruktosa, atau sukrosa) à Alkohol (etanol) + Karbon dioksida + Energi
d.      Suhu sangat mempengaruhi pembuatan tape karena semakin tinggi suhu reaksi maka semakin cepat reaksi berlangsung. Jika suhu dinaikan akan menyebabkan gerakkan partikel-partikel pereaksi semakin cepat. Semakin cepat gerakan partikel menyebabkan tumbukan antar zat pereaksi bertambah banyak, sehingga reaksi yang terjadi semakin cepat. Pada pembuatan tape singkong umumnya diperlukan suhu 300C untuk pertumbuhan mikroorganisme. Bila suhu kurang dari 300C pertumbuhan mikroorganisme penghasil asam akan lambat sehingga dapat terjadi pertumbuhan produk.
e.       Kegagalan dalam pembuatan tape dikarenakan:
1.      enzim pada ragi Saccharomyces cereviceae tidak pecah apabila terdapat udara yang mengganggu proses pemecahan enzim tersebut.
2.      ketersediaaan oksigen yang kuang teratur selama proses fermentasi suhu terlalu rendah

Post a Comment for " SOAL (HOTS) BIOTEKNOLOGI - BIOLOGI SMA"